Tuesday, April 08, 2008

Angsa dan gadis kecil

Ku awali post ku dengan kalimat,

-Once upon a time, in a land far far away.. sak wijining dina ing sakwijining papan.. atau pada suatu ketika di negeri antah berantah..- (Halah, koyok dongeng aja..)


Pada suatu ketika, hiduplah seekor angsa yang tidak berbeda dengan kebanyakan angsa pada umumnya. Suatu pagi, ia keluar dari peraduannya dan berjalan menuju sebuah telaga tak jauh dari sarangnya. Dedaunan masih basah oleh beningnya embun. Angin semilir pun masih terasa dingin, membuat bulu-bulu angsa sedikit terangkat. Beberapa langkah berjalan, ia berpapasan dengan seekor burung nuri yang terbang rendah pagi itu.

“Hai angsa, hendak ke telaga ya.. Eh angsa, kok warna bulumu hanya putih?” kata burung itu.

“Iya. Buluku hanaya berwarna putih, dan aku menerimanya,” kata angsa singkat sembari berjalan.


Tak lama kemudian kembali ia berpapasan dengan seekor burung gagak yang tengah bertengger di sebuah ranting pohon. Butir embun jatuh ke tanah dari beberapa helai daun saat gagak hinggap.

“Hai angsa, kenapa paruhmu pipih seperti itu?” tanya gagak yang kemudian terbang menjauh dengan ber-kaok. Suaranya makin lama semakin sayup dan menghilang.

“Iya. Paruhku pipih, dan aku menerimanya,” jawab angsa.


Angsa pun melanjutkan langkah, dan air telaga jernih membiru mulai terlihat olehnya. Kali ini ia berpapasan dengan seekor puyuh yang sedang mencari makan di sela-sela rerumputan dan belukar.

“Hai angsa, kenapa lehermu panjang sekali?” tanya si puyuh.

“Iya. Leherku panjang, dan aku menerimanya,” kata angsa kembali memberi jawaban singkat.


Sampailah ia di tepi telaga. Dengan bergegas, angsa mendekati air yang memang masih dingin sepagi itu. Diulurkannya salah satu kaki ke air, namun beberapa saat sebelum menyentuh dinginnya air telaga, kembali terdengar sebuah pertanyaan untuknya.

“Hai angsa, kenapa kakimu berselaput?” kali ini suara berasal dari seekor elang yang baru saja menyambar ikan buruannya di telaga. Ikan malang itu masih ada di cengkeraman, saat elang terbang melintas di atas angsa.

“Iya. Kakiku berselaput, dan aku menerimanya,” jawab angsa singkat.


Angsa pun berenang di jernihnya air telaga.

“Bisa saja aku men-cat buluku dengan warna-warni indah ataupun warna emas.

Bisa saja aku mengganti paruhku dengan paruh tajam dan kuat, seperti paruh gagak.

Bisa saja aku memotong leherku agar tak sepanjang ini.

Bisa saja aku mengganti kakiku yang berselaput dengan cakar yang kuat, sekuat cakar elang. Hanya, jika aku tak menerima apa yang ada ini,” senandung angsa sambil berenang di jernihnya

air telaga. Entah telah berapa lama angsa berada di telaga, namun kini mentari telah mulai tinggi dan memancarkan sinar hangatnya.


“Mama lihat..! Ada bebek cantik Ma..!” kata seorang anak di tepi telaga memacah kesunyian.

“Oh itu bukan bebek, tapi angsa,” jawab si ibu setelah mengarahkan pandangan mengikuti telunjuk si kecil.

“Oh angsa.. Angsa yang cantik ya Ma..?!” rengeknya.

“Iya sayang, angsa yang cantik. Seperti putri mama ini,” jawab si ibu kepada putri kecilnya seraya menggandeng tangan mungilnya.


Ada senyum kecil di paruh angsa saat ia berenang menghampiri kawanan angsa-angsa lain di seberang sisi telaga. “Iya. Aku menerimanya,” kata angsa dalam hati.

The end

Tiga keponakanku telah terlelap, aku pun ikut terlelap.

-pesisiran kidul, suatu ketika-

5 comments:

  1. Badanku kurus dan kerempeng.
    Aku juga menerimanya...

    ReplyDelete
  2. saya tinggi putih cakep indo keren kayak Nadya Hutagalung... dan saya menerimanya, hehe....

    peace!

    ReplyDelete
  3. aku apa ya?
    tapi, aku bangga dengan gigiku...
    wakakakakakakak....

    ReplyDelete
  4. aku siap menampungnya,eh sorry. menerimanya maksudku,he..he..

    ReplyDelete
  5. Aku?
    Nrimo jalaran ora ono liyo......
    he...he...he...

    ReplyDelete