Sunday, January 18, 2009

Gula Semut Tembus Pasar Amerika

Padi, buah-buahan, ataupun sayuran yang dihasilkan dengan pertanian organik? Sudah biasa! Tapi pernahkah mendengar penerapan sistem pertanian itu untuk menghasilkan gula kelapa?


Nah, itulah yang dilakukan para petani penderes yang tergabung dalam Jatirogo (Jaringan Petani Kulon Progo) di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Gula kelapa organik produksi mereka bahkan telah menembus pasar Amerika, dan kini bersiap menembus pasar Negeri Sakura.


Secara fisik, gula kelapa organik yang diproduksi Jatirogo dibuat dengan wujud berbeda. Disebut gula semut, yaitu berbentuk butiran-butiran kecil seperti gula pasir. Tetapi, ada juga yang dibuat berbentuk silinder.


Pembudidayaannya dilakukan dengan pupuk alami, proses pembuatan terkontrol dari alat, cara pengolahan, hingga penanganannya. Untuk menembus pasar mancanegara, tentu harus lolos uji standar dan sertifikasi mutu. September 2008 lalu, produk gula kelapa organik para petani Jatirogo telah mendapat sertifikat dari lembaga Control Union Belanda.


Selain itu, kontrol kualitas dilakukan juga melalui sistem kontrol internal atau ICS (Internal Controling System) oleh pengurus Jatirogo. ICS melakukan pengontrolan sarana, peralatan, dan proses pengolahan. Sedangkan dinas pertanian setempat mengontrol pemupukan.


“Di luar Kulon Progo ada yang menggunakan zat kimia sebagai pengental agar warna lebih cerah kekuningan. Tapi dalam 3 hingga 5 hari akan meleleh. Sedangkan gula kelapa organic, pengentalan menggunakan bahan-bahan alami seperti laru dari getah manggis,” ungkap Hendrastuti, koordinator Jatirogo yang juga menjadi koordinator ICS.


Gula kelapa organik diproduksi oleh 1.260 petani penderes di empat kecamatan di Kulon Progo yaitu Lendah, Samigaluh, Kokap, dan Girimulyo. Tahun 2009 direncanakan akan masuk juga kecamatan Kalibawang. Untuk bisa masuk, suatu daerah harus mengubah pola pertaniannya menjadi organik dengan masa transisi tiga tahun agar kondisi tanah kembali organik. Ditargetkan, tahun 2009 Jatirogo akan mempunyai 3.000 anggota petani penghasil gula kelapa organik, dengan bergabungnya satu kecamatan itu.


Proses untuk mendapatkan sertifikat dari lembaga Control Union Belanda tidaklah mudah, harus melewati pengujian atau inspeksi yang ketat bahkan sampai pengambilan sampel tanah. “Jadi tidak main-main. Ada satu petani penderes yang di sekitar pohon kelapanya terdapat pohon rambutan yang dipupuk dengan pupuk kimia, akhirnya tidak lolos. Beberapa petani di Kecamatan Kokap di sekitar lokasi penambangan emas juga tidak lolos, karena dikhawatirkan tercemar logam merkuri,” papar Hendrastuti.


Proses sertifikasi Control Union pun tidak singkat, perlu waktu empat bulan dimulai Februari 2008. Mencakup sosialisasi dan pendaftaran petani yang dilanjutkan dengan inspeksi eksternal dari control union. Inspeksi meliputi kondisi tanah, tanaman, peralatan, dan dapur pengolahan. Dalam proses tersebut, pengurus Jatirogo mengikuti sehingga mengetahui bagaimana standar yang harus diterapkan pada saat menjalankan sistem kontrol internal (ICS). Sertifikat akhirnya keluar bulan September 2008 lalu dari lembaga penguji dari Belanda tersebut.


Hendrastuti mengakui, proses sertifikasi control union sangat berat dan ketat. “Kita bisa lolos karena memang lingkungan belum tercemar zat kimia. Air belum tercemar, dan sebagian besar berada di pegunungan. Selain itu di sekitarnya tidak terdapat persawahan yang kebanyakan telah tercemar pupuk kimia,” katanya. Pengurus Jatirogo bertanggung jawab mengontrol dan menjaga kualitas, termasuk mendorong petani menjaga peralatan dan dapur yang higienis. ”Pengurus Jatirogo tiga bulan sekali melakukan pelaporan pengecekan ICS. Juga melakukan pelatihan tungku sehat,” imbuhnya.


Jatirogo sendiri terbentuk tahun 2000 mencakup 12 kecamtan di Kulon Progo. Pada awalnya, mengembangkan tanaman padi organik dengan bibit padi lokal, bertujuan memperbaiki kondisi tanah. Sejak Juli 2008 Jatirogo mulai memproduksi gula kelapa organik dengan pemasaran ke sebuah perusahaan di Bali. Setelah lolos sertifikasi, pemasaran dapat menjangkau Amerika Serikat melalui perusahaan di Bali tersebut.


Kapasitas produksi untuk pengiriman ke Amerika sebanyak 20 ton per bulan. Ke depan pemasaran juga akan meluas ke Jepang yang saat ini sedang proses penjajakan pemesanan. “Konsumen dari Jepang juga berminat akan memesan,” ungkap Hendrastuti. Selain itu pasar lokal di Yogyakarta juga sudah berjalan meskipun kuantitasnya masih sedikit. Pengembangan pemasaran lokal akan dilakukan ke pusat-pusat perbelanjaan.


Pengelolaan gula kelapa organik yang dilakukan terkoordinasi dalam jaringan petani Jatirogo dimaksudkan agar dapat mengangkat kehidupan ekonomi para petani. Selain itu agar hasil kerja petani penderes bisa lebih dihargai. “Penderes itu kan harus kerja keras memanjat pohon kelapa. Itu berisiko. Bahkan hujan pun harus tetap memanjat untuk nderes (mengambil nira),” kata ibu dua anak tersebut.

Dengan dikelola secara terkoordinir dengan sistem pertanian organik, kehidupan para petani pun terangkat. Harga gula kelapa organik bisa lebih tinggi dari harga gula kelapa anorganik. Per kilogram harga jual dari petani bisa mencapai Rp 8 ribu, sedangkan anorganik saat ini hanya Rp 6.500.


Selain itu, dengan dikoordinir dalam jaringan Jatirogo, harga bisa terstandar dan stabil tidak terpengaruh naik turunnya harga gula di pasaran. “Pada saat harga gula di pasaran turun sampai Rp 4 ribu pun harga beli dari petani tetap harga standar Rp 8 ribu per kg,” ungkap Hendrastuti seraya manambahkan bahwa harga gula di pasaran selama setahun hanya bagus dua bulan saja. Dalam sehari rata-rata para petani gula kelapa organik Jatirogo dapat menghasilkan 2,5 hingga 3 kilogram gula.


Kendala yang dihadapi, kata Hendrastuti, disamping kendala peralatan adalah kurang bisa seragamnya hasil produksi karena dikerjakan oleh masing-masing petani penderes. “Tapi kita selalu melakukan pengecekan dan mendorong menghasilkan kualitas produk sebaik mungkin,” ungkap warga Turus, Tanjungharjo, Nanggulan, Kulon Progo tersebut. Sementara mengenai bantuan, dinas terkait diharapkan dapat memberikan bibit unggul lokal untuk regenerasi tanaman kelapa.


Kebanyakan pohon kelapa yang saat ini berproduksi adalah warisan dari petani generasi sebelumnya. Meski pohon kelapa dideres untuk menghasilkan gula, -yang berarti tidak bisa berbuah- namun para petani tetap dapat melakukan regenerasi pohon. “Dari semua pohon kelapa yang dimiliki tidak semuanya dideres. Ada beberapa pohon yang dibuahkan, itu bisa sebagai pembibitan,” ujar isteri dari Pujono tersebut.


Selain pengembangan gula kelapa organik di empat kecamatan itu, jaringan Petani Kulon Progo (Jatirogo) saat ini juga masih mengembangkan padi organik lokal di kecamatan lainnya. Jenis padi lokal yang diusahakan antara lain Menthik Wangi, Pandan Wangi, Menthik Susu, Somali, Slegreng, Beras Merah, Ketan Ireng, Wiji Lestari, Rening, dan Rojo Lele. “Jadi pengembangan pertanian organik dilakukan sesuai potensi masing-masing wilayah atau kecamatan. Seperti umbi-umbian organik di Kecamatan Pengasih, dan padi organik di Nanggulan dan Galur,” tandas koordinator Jatirogo yang telah berbadan hukum sejak tahun 2003 tersebut. –cahpesisiran utk majalah saudagar-


11 comments:

  1. berdirinya tahun 2008?lama juga ya. dah memang sudah selayaknya jika merambah ke internasional

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya kita punya kemampuan disegala bidang, apa sih yang kita gak punya? semua sumber daya alam ada. Kalo masalah SDM bisa di explore deh .. yang gak ada hanya komitmen untuk maju. Pemerintah terlalu disibukkan dengan berbagai regulasi dan deregulasi di bidang export import, bikin RUU terus, tapi gak pernah tuntas ...

    *Btw yang lagi manjat itu kalo di kasih siulan 3x pasti turun tuh hue he he

    ReplyDelete
  3. memang kita adalah penghasil gula kang, semoga saja kita berhasil di luar sana.....dan menjadi penghasil yang besar seperti waktu padi dulu

    ReplyDelete
  4. awas tuh om ati-ati kalo manjat pohon kelapa,jangan sampai jatuh yap.kemana ajah om kok ga ada kabar beritanya

    ReplyDelete
  5. baru tahu ada kelapa namanya gula semut. pengetahuan baru nih.

    ReplyDelete
  6. Hidup Kulon Progo Binangun!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  7. sayang'y ga byk orng indonesia yg tau.,.,.,

    ReplyDelete
  8. wah perlu sosialisasi yang serius tuh ya, agar masyarakat paham produk unggulan yang menjadi kebanggaan. Perlu dukungan penuh dari pemda dan pempus untuk terus mendorong produksi dalam negeri supaya bisa bersaing di perdagangan internasional

    ReplyDelete