Saturday, August 09, 2008

Perburuan Di Suatu Sore

Hmm.. akhir pekan mo ngapain ya.. posting catatan akhir pekan aja ah, tentang suatu perburuan kemaren. Tentu saja bukan berburu binatang.

Pagi tadi si Bos rasan-rasan ingin melihat pameran buku yang bisa dibilang terbesar sepanjang tahun ini, di kotaku tercinta. Maka sore harinya berangkatlah kami berempat termasuk si Bos menuju TKP (tempat kejadian perkara).

Dan benar, suatu pemandangan yang menyenangkan, stan-stan dipenuhi buku dengan para pengunjung berjejal, membaca dan antre membayar pada penjaga stan. Bahkan di bagian khusus penyampulan, buku bertumpuk-tumpuk di atas meja. Para empunya buku pun harus bersabar menunggu giliran bukunya didandani dengan baju-baju transparan. *wow.. sampul maksudnya*

Tak ketinggalan, kami pun langsung melakukan inspeksi ke stan-stan, mengintai judul-judul buku yang menarik, membaca preview-preview dengan cekatan, satu buku, dua buku, dan seterusnya dari satu stan ke stan lainnya. Ada satu stan yang di dalamnya tertumpuk puluhan buku dengan harga seragam 10 ribu rupiah. “Lumayan nih. Beli ah mumpung murah,” kata kawanku si Angin. Akhirnya 5 buku pun ia borong.

Harga buku-buku di pameran ini memang lebih miring. Bayangkan saja, sebuah buku berisi pandangan-pandangan Einstein tentang beragam hal setebal 243 halaman bisa kudapat dengan harga tak lebih dari 15 ribu rupiah. Juga sebuah buku berisi tiga roman cinta paling tersohor dalam peradaban manusia hingga saat ini, yaitu Laila Majnun, Cleopatra, dan Romeo-Juliet, siap kubawa pulang dengan harga 35 ribu rupiah.

Tapi rasanya ada yang kurang nih. Buku untuk otak kiri sudah ku dapat, otak kanan juga, maka giliran cari buku untuk hatiku biar tak membeku dan membatu. Maka perburuan kulanjutkan lagi. Wah rupanya ini cocok deh, “Rahasia Sholat Khusyuk” sebuah judul buku kutemukan di salah satu stan. “Cocok..!” teriak hati kecilku bersorak. Maklum aja, belakangan aku merasa tidak enak dengan diriku sendiri masalah sholat. Seorang kawan pun kaget melihat aku sholat dalam waktu yang bisa dibilang kilat khusus. Jelas aja dong gak khusyuk *dasar parah*. Maka sejurus kemudian, “Rahasia Sholat Khusyuk” telah ada di tanganku. “Tapi jangan cuma dibeli dong. Baca, dan amalkan!!” tegas hatiku berpesan kepada lelaki kecil yang belakangan sedang rakus membaca ini.

Sementara si Bunga, sebut saja demikian, satu-satunya cewek diantara kami berempat berburu buku pesanan temennya. Sebuah buku pedoman berbahasa Indonesia yang baik dan benar serta sesuai EYD. Buku itupun dengan mudah ia dapat, tentu saja dengan harga yang murah setelah mengeluarkan jurus “mata tuing-tuing” nya. Tidak mengagetkan bagi kami bertiga, karena jurus penakluk dari si Bunga yang tak pernah mau rugi itu sudah bukan hal baru tentunya. Tak hanya harga murah, bahkan si Bunga pun mendapat bonus beberapa permen dari si penjaga stan. “Semoga tidak seperti menggarami air laut. Karena aku memberikan sesuatu yang manis kepada yang manis,” itulah mungkin kata-kata yang ada dalam hati si penjaga stan meski tak terucap. *oww so sweet.. :p* Bahkan di stan berikutnya ketika memburu buku pesanan temannya yang lain, ia diberi bonus air mineral dan diminta untuk sudi duduk sejenak. *fyuhh*

Yah, lain orang memang lain dalam meliahat sesuatu. Karena si Angin, beberapa saat kemudian berkata sesuatu kepadaku. “Secantik-cantik si Bunga, kok masih banyak yang jauh lebih cantik ya,” begitulah kata Angin kagum melihat makhluk-makhluk hawa maha karya agung Tuhan yang banyak hilir-mudik diantara stan-stan. (whekekekkek.. tumben si Angin yang kalem ngomentari cewek)

Hari itu memang perburuan buku yang menyenangkan. Si bos pun sangat bersemangat memburu buku-buku untuk santapan kecerdasannya. Bahkan kami bertiga terkadang kehilangan jejaknya, yang dengan tenang dan cekatan menyusup dari satu stan ke stan lainnya. Tak tanggung-tanggung, delapan buku akhirnya dtitentengnya siap menjadi santapan.

16 comments:

  1. kita punya masalah yang sama nih, klo sholat seperti kilat, gimana mo khusuk yah

    ReplyDelete
  2. biarpun bekas,aku juga mau membaca buku yang udah mas beli itu. Rahasia sholat khusuk, itu yg mau. bolehkhan??harap maklum,aku kutu buku lho.

    ReplyDelete
  3. Yuk barengan beli bukunya mba Dian....

    ReplyDelete
  4. Makanya qta harus khusuk dalam sholat

    ReplyDelete
  5. wah... terlihat ada sesuatu neh anatara mas dengan tokoh yang bernama bunga... ckckckck....

    waw mau dunk bursa buku murahnya dateng ke surabaya...

    ReplyDelete
  6. Lho mas ada pameran buku di wates to? kapan? kok aku ra krungu yo...

    ReplyDelete
  7. reply
    @ herlan: iya nih.. makanya aku beli bukunya.
    @ kristina dian: boleh kok. atau mau ku belikan khusus utk mu??
    @ adi: yup. setuju.
    @ krucial: ga. ga da papa kok.. cuma suka aja mengamati perilaku temen2. lucu2 deh.
    semoga bursa bukunya juga bakalan ada di surabaya deh..
    @ tukang nggunem: bukan di wates kok. di jogja, sekitar tgl 5-10 kemaren.

    ReplyDelete
  8. aku mau dan aku menunggu buku itu ya.
    tapi akan kuambil kalo tugasku dah kelar. jika tak ada halangan, sep 2009 aku kembali ke tanah air.

    ReplyDelete
  9. sambil menyelam minum cola ya mas, sambil liat buku, liat cewek juga nggak ketinggalan,he3x :P kabur....

    ReplyDelete
  10. sayang pas pameram buku sy lagi ga di jogja ya.. kalo iya sih, ikutan hunting buku murah :)

    ReplyDelete
  11. asik,ya?
    saya juga suka hunting buku-buku murah tapi berkualitas...
    jadi ngiri...

    ReplyDelete
  12. wew.. lagi musim buku yah disana ?

    jadi pengen ke Jogja nih :(

    ReplyDelete
  13. Wah...aku ketinggalan berita tentang pameran buku kemarin je...

    ReplyDelete
  14. reply
    @ kristina dian: sip..!
    @ acy: huehehehe..
    @ dee: jgn lupa, tunggu tahun depan.
    @ ivana: please come to jogja. *promosi-promosi..*
    @ panda: iya, ke jogja aja.. walau pamerannya dah kelar tp masih bisa milih2 banyak buku kok di shopping center lengkappp..
    @ mbah im: weleh tau gitu kemaren tak ajak. biar aku ditraktir buku oleh mbah im maksudnya.

    ReplyDelete
  15. Nah penulis kyk gn niih yg ku demen,urusan dunia ok akhirat jg yes.
    he....he....

    ReplyDelete
  16. hah asik nya. kapan2 kita hunting buku bareng yuk.

    ReplyDelete